Breaking News

Tutorial AutoCAD Gambar Kerja Rumah Tinggal – Bagian 8 (Potongan D-D)

Untuk membuat gambar POTONGAN D-D  berdasarkan DENAH pada Tutorial Bagian 1, kita dapat mempermudah penyelesaiannya dengan memodifikasi hasil dari gambar POTONGAN C-C pada Tutorial Bagian 7. Ok kita mulai Tutorial AutoCAD Membuat Gambar Kerja Rumah Tinggal – Bagian 8 (Potongan D-D)!

Tutorial Belajar AutoCAD Gambar Kerja Potongan D-D Rumah Tinggal ShopDrawing Section

LANGKAH 1

Silahkan gunakan perintah COPY untuk menduplikasi gambar POTONGAN C-C sebanyak 2 buah, kemudian buat garis vertikal dengan perintah LINE atau POLYLINE sebagai acuan dengan posisi tepat di tengah-tengah bangunan. Hapus 1/2 bagian kanan dan 1/2 bagian kiri seperti pada gambar berikut ini:

Hilangkan NOTASI, DIMENSI, ARSIRAN dan obyek lainnya agar kita lebih fokus mengedit gambar pada bagian-bagian bangunan utamanya. Perintah modify dapat Anda gunakan seperti TRIM, ERASE dan sebagainya.

LANGKAH 2

Selanjutnya gunakan perintah MOVE untuk mengatur letak 1/2 bagian kanan dan 1/2 bagian kiri bangunan hingga sejajar, hasilnya akan seperti gambar di bawah ini. Garis acuan di tengah-tengah tersebut akan sangat bermanfaat untuk menyelesaikan tahap-tahap selanjutnya.

LANGKAH 3

Modifikasi garis DINDING SOPI-SOPI berikut RANGKA ATAP nya hingga menyentuh garis acuan ditengah, seperti pada gambar (warna merah). Anda dapat memanjangkan garis-garis tersebut atau menambahkannya dengan garis baru. Anda dapat gunakan perintah draw seperti LINE atau POLYLINE dan Perintah modify seperti EXTEND, TRIM, STRETCH, MIRROR, COPY dan lainnya untuk menyelesaikan langkah ini.

LANGKAH 4

Modifikasi juga garis untuk obyek KUDA-KUDA BETON seperti pada gambar dibawah ini (warna merah). Anda dapat menambahkan garis baru dengan perintah draw seperti LINE atau POLYLINE. Anda juga dapat memodifikasi dengan memanjangkan dan memindahkan garis-garis tersebut dengan perintah modify seperti EXTEND, TRIM, MOVE, STRETCH, MIRROR dan lainnya.

LANGKAH 5

Edit arsiran obyek DINDING di atas RING BALK dan obyek KUDA-KUDA BETON. Terkadang HATCH sangat merepotkan untuk dimodifikasi dengan mengandalkan titik-titik GRIP. Jika memang dirasa sulit, hapus saja sebagian arsiran tersebut kemudian dibuat yang baru, selanjutnya gunakan perintah MATCHPROP untuk menyesuaikan HATCH dengan settingan sebelumnya.

LANGKAH 6

Pindahkan obyek-obyek pada area paling kanan dan kiri seperti obyek PONDASI, SLOOF, DINDING dan garis lainnya berikut arsirannya. Jarak dan arah perpindahan obyek-obyek tersebut sesuai pada gambar (warna merah). Garis untuk level taman belakang disesuaikan dengan level taman depan.

Anda dapat menggunakan perintah modify seperti MOVE atau STRETCH. Pada arsiran dapat dimodifikasi dengan perintah TRIM atau menggunakan titik GRIP arsirannya. Jika arsiran terasa sulit di edit, silahkan hapus arsiran dan buat kembali kemudian gunakan perintah MATCHPROP untuk menyesuaikan HATCH dengan settingan sebelumnya.

LANGKAH 7

Untuk obyek-obyek di area tengah seperti DINDING, PLAFOND, RING BALK, LANTAI, PONDASI, dipindahkan dengan jarak serta arah perpindahannya sesuai ukuran pada gambar berikut ini (warna merah). Gunakan perintah modify STRETCH atau MOVE untuk memodifikasi semua obyek tersebut.

LANGKAH 8

Selanjutnya gunakan perintah ERASE untuk menghapus obyek-obyek pada area tengah seperti DINDING, PLAFOND, RING BALK, LANTAI dan PONDASI yang terlihat pada gambar dibawah ini (warna merah).

Kemudian modifikasi obyek DINDING PEMISAH antara RUANG MAKAN dan DAPUR. Perintah yang dapat digunakan antara lain STRETCH, TRIM, MOVE dan lain sebagainya.

LANGKAH 9

Modifikasi garis LANTAI area tengah berikut SPESI dan arsiran PASIR URUG dengan menambahkan garis baru atau sekedar merubah panjangnya. Perintah modify yang dapat digunakan seperti MOVE, COPY, STRETCH atau JOINT. Untuk arsiran yang dirasa sulit untuk di edit, silahkan hapus arsiran dan buat kembali saja. Kemudian gunakan perintah MATCHPROP untuk menyesuaikan HATCH dengan settingan sebelumnya.

Selanjutnya rubah juga gambar PLAFOND seperti pada gambar diatas (warna merah). Anda tidak perlu membuat obyek-obyek di area tersebut dari awal, cukup duplikasi saja dari obyek disampingnya. Gunakan perintah modify seperti COPY, STRETCH, MOVE, TRIM untuk menyelesaikannya.

LANGKAH 10

Gunakan perintah MIRROR untuk menukar posisi obyek DINDING AREA BELAKANG dengan DINDING AREA DEPAN. Garis acuan di tengah akan menjadi titik acuannya. Silahkan seleksi obyek-obyek yang berwarna merah untuk di tukar posisinya sesuai gambar berikut.

LANGKAH 11

Buatlah obyek sederhana untuk KITCHENSET sesuai ukuran seperti gambar dibawah ini (warna merah). Anda dapat menggunakan perintah LINE, POLYLINE atau RECTANGLE.

Buat juga DINDING TAMAN DEPAN dengan menduplikasi dinding yang ada dan memodifikasinya menggunakan perintah COPY dan STRETCH atau bisa juga membuat dari awal menggunakan perintah LINE, POLYLINE, RECTANGLE dan HATCH.

LANGKAH 12

Langkah selanjutnya membuat garis dan arsiran FINISHING DINDING untuk area DAPUR dan RUANG TAMU, Bentuk dan posisi arsiran dapt dilihat pada gambar berikut ini (warna merah). Gunakan perintah draw seperti LINE atau POLYLINE untuk garis batasnya.

Untuk arsiran DINDING FINISHING KERAMIK area DAPUR, gunakan perintah HATCH dengan konfigurasi TYPE > USER DEFINED dan atur bagian ANGLE AND SCALE serta HATCH ORIGIN. Sedangkan untuk arsiran DINDING FINISHING WALLPAPER pada area RUANG TAMU, gunakan perintah HATCH dengan pattern Dots dan atur pada bagian Scale.

Langkah 13

Buat TEKS untuk nama RUANG dan LEVEL serta FINISHING DINDING (warna merah) sesuai gambar. Lengkapi notasi dengan garis untuk menerangkan obyeknya. Beberapa perintah yang dapat Anda gunakan diantaranya: TEXT, LINE, COPY, MOVE, MIRROR.

LANGKAH 14

Buat TEKS untuk nama bagian ATAP sesuai gambar pada gambar (warna merah). Lengkapi dengan notasi garis untuk menerangkan obyeknya. Beberapa perintah yang dapat Anda gunakan diantaranya: TEXT, LINE, COPY, MOVE, MIRROR dan lain sebagainya.

LANGKAH 15

Buat DIMENSI UKURAN sesuai gambar dibawah ini. Beberapa perintah yang dapat Anda gunakan seperti DIMENSION LINEAR, DIMENSION CONTINUE dan DIMENSION ORDINATE. Pengaturan angka, panah dan sebagainya pada dimensi yang sudah dibuat dapat di konfigurasi pada bagian FORMAT – DIMENSION STYLE.

Buat pula NOTASI AS dan LEVEL (warna merah) dengan bentuk sesuai gambar. Dalam proses pembuatan langkah ini perintah draw yang dapat digunakan antaralain: LINE, CIRCLE, TEXT. Sedangkan perintah modify yang dapat digunakan diantaranya: COPY, MOVE, HATCH.

LANGKAH 16

Langkah terakhir buat JUDUL GAMBAR (warna merah) dengan menggunakan perintah TEXT, LINE dan RECTANGLE. Atur sedemikian rupa sehingga hasilnya terlihat pada gambar berikut ini:

HASIL AKHIR POTONGAN D-D RUMAH TINGGAL

Tutorial Belajar AutoCAD Gambar Kerja Potongan D-D Rumah Tinggal ShopDrawing Section

Silahkan unduh ebook
Tutorial AutoCAD Gambar Kerja Rumah Tinggal – Bagian 8 (Potongan D-D)
dalam bentuk pdf dengan klik download dibawah ini:

………………………………………………………………………………………………………………

Berikut kursus CAD yang sudah selesai dilaksanakan
(klik untuk membaca ulasan setiap kegiatan!!!)

3D AutoCAD Perumahan

2D AutoCAD Mechanical

3D AutoCAD Manufacturing

2D-3D AutoCAD Interior

2D-3D AutoCAD Hotel Ibis

3D AutoCAD Curtainwall

Media Belajar Sketchup

AutoCAD 2D & 3D Warnet

2D 3D CADD Building

3D Animasi 1

3D Animasi 2

3D Autocad Skecthup

2D AutoCAD Arsitektur

2D AutoCAD Outdoor

3D AutoCAD Outdoor

2D AutoCAD 7Eleven

2D AutoCAD Beji Depok

3D AutoCAD ZOE Cafe

3D AutoCAD Curtainwall

AutoCAD Tamini Square

2D AutoCAD Giant Depok

3D AutoCAD Tole Iskandar

2D – 3D AutoCAD PNJ Depok

2D-3D AutoCAD PasarSegar

2D AutoCAD Equity Tower

2D AutoCAD KFC LentengAgung

AutoCAD Interior Dunkin’Donuts

2D AutoCAD SipiRock Coffee

Kursus Interior AutoCAD Papirus

Kursus Arsitektur KFC Depok

AutoCAD Tower Lubang Buaya

AutoCAD Arsitek PosPengumben

AutoCAD IndomaretPoint Tebet

AutoCAD BotaniSquare Bogor

AutoCAD Mampang Prapatan

AutoCAD Burgerking Bogor

AutoCAD Rigging McD Tebet

AutoCAD TanjungBarat

AutoCAD Limo Depok

AutoCAD StartBucks Cideng

2D-3D AutoCAD Ciomas Bogor

AutoCAD Interior GreenTebet

AutoCAD KFC TaminiSquare

AutoCAD Plaza Kemang88

AutoCAD 3D PdkGede

AutoCAD WarungKopi Sruput

AutoCAD KFC MargondaDepok

AutoCAD NgopiDoeloe Bandung

AutoCAD Bondongan Bogor

AutoCAD Interior Mampang

AutoCAD GunungBatu Bogor

AutoCAD Pesona Khayangan

AutoCAD 3D Rendering Bogor

AutoCAD TipTop Depok

AutoCAD Dunkin TaminiSquare

AutoCAD 3D Rendering Soerabi

AutoCAD Kp.Makasar Jaktim

AutoCAD A&W TMII Jaktim

AutoCAD Cawang Jaktim

AutoCAD J.Co TamanMini

AutoCAD Jatimakmur Bekasi

AutoCAD Bukitduri Tebet

AutoCAD Pluit Jakarta

AutoCAD Intirub Halim

AutoCAD Tebet Jaksel

AutoCAD Kalibaru Bekasi

AutoCAD Cibitung Bekasi

AutoCAD SMKN56 Jakarta

AutoCAD GrandWisata Bekasi

AutoCAD Cipayung Jakarta

AutoCAD 3D Rendering

AutoCAD Universitas Trisakti

AutoCAD Jagakarsa JakSel

AutoCAD Summarecon Bekasi

AutoCAD Cikarang Bekasi

AutoCAD Ciluer Bogor

AutoCAD PondokBambu Jakarta

AutoCAD Grundfos Pompa

AutoCAD McDonald Cinere

AutoCAD Kompas Gramedia

CAD YellowTruck Coffee

AutoCAD SipiRock Coffee

AutoCAD J.CO MargoCity

AutoCAD ExTimah Pancoran

AutoCAD BojongGede Bogor

AutoCAD Lodan Ancol

AutoCAD Ceger Cipayung

AutoCAD KebayoranBaru Jakarta

AutoCAD Kaliabang Bekasi

AutoCAD Cibinong Bogor

AutoCAD Kalibata Jakarta

AutoCAD Srengseng Jakarta

AutoCAD Bantarjati Bogor

AutoCAD Perpus UI Depok

CAD SyahabaCoffee Bogor

AutoCAD Kalibata City

Kursus AutoCAD 2D & 3D Rendering

………………………………………………………………………………………………………………

Belajar Gratis Tutorial AutoCAD Dasar

………………………………………………………………………………………………………………

Tutorial Building Information Modeling (BIM) untuk Pemula 

Pemodelan 3D Jembatan Gelagar Beton Bertulang

Nemetschek Allplan BIM Pemodelan 3D Jembatan

Penulangan Pelat Lantai Kendaraan Jembatan 25 meter

Tutorial Allplan Penulangan Pelat Lantai Jembatan

Pembesian Dinding Sandaran Jembatan Beton Bertulang 25m

Tutorial BIM Allplan 2021 - Pembesian Dinding Jembatan Gelagar Beton Bertulang 25m

Detail Tulangan Balok Gelagar Induk Jembatan 25 meter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: