Breaking News

Animasi 2D & 3D Perakitan Meja Kayu Lipat menggunakan AutoCAD dan Autodesk Fusion 360

Animasi untuk proses perakitan meja kayu lipat ini menggunakan autocad dan autodesk fusion360, khususnya versi for mac. Tahap perakitan terdiri dari 3 tahap yakni perakitan untuk rangka kaki dalam, rangka kaki luar dan perakitan papan atas meja.

Untuk pengerjaannya dimulai dari membuat obyek 2D & 3D di autocad karena lebih akurat dan sekaligus dapat digunakan sebagai gambar kerja pelaksanaan. Setiap bagian-bagian (parts) baik dari bentuk maupun ukuran digambar presisi dalam bentuk 2 dimensi, agar memudahkan dalam proses membuat bentuk 3 dimensinya. Posisi sambungan (joint) yang terdiri dari beberapa parts bertemu menjadi fokus utama dalam pengerjaannya.

2D Modeling FoldingTable Autodesk AutoCAD for Mac

Pada tahap membuat obyek 3 dimensi terdapat beberapa tantangan, salah satunya posisi 3d parts yang harus membentuk pola tertentu dengan posisi sedemikian rupa. Karena sebelumnya dibuat obyek 2 dimensi yang presisi, sangat sangat membantu dalam merubah posisi obyek-obyek sehingga membuat pola dinamis.

3D Modeling Folding Table Autodesk AutoCAD for Mac

Setelah obyek 3D selesai dalam rangkaian saling menyatu satu sama lainnya, maka pekerjaan dilanjutkan untuk pemilihan jenis bahan (material) dan pencahayaan (lighting) di autodesk fusion 360.

Proses Pemberian Material Autodesk Fusion 360

Selain itu posisi bagian-bagian meja kayu lipat ini dapat dimodifikasi dan digerakan (animation) sesuai dengan keinginan. Maka proses perakitan dengan animasi gerak ini akan terkesan lebih interaktif dan mudah dimengerti oleh pihak yang memang membutuhkan pemahaman dalam produksi nantinya.

3D Animation Folding Table Autodesk Fusion360 for Mac

Hasil dari autodesk fusion 360 dapat berupa gambar (still image) atau pun video (motion picture) yang dapat digunakan pada proyek animasi ini untuk kebutuhan tahap terakhir dalam proses video editing.

… dan inilah hasil akhirnya …

………………………………………………………………………………………………………………

Tutorial Building Information Modeling (BIM) untuk Pemula 

Pemodelan 3D Jembatan Gelagar Beton Bertulang

Nemetschek Allplan BIM Pemodelan 3D Jembatan

Penulangan Pelat Lantai Kendaraan Jembatan 25 meter

Tutorial Allplan Penulangan Pelat Lantai Jembatan

Pembesian Dinding Sandaran Jembatan Beton Bertulang 25m

Tutorial BIM Allplan 2021 - Pembesian Dinding Jembatan Gelagar Beton Bertulang 25m

Detail Tulangan Balok Gelagar Induk Jembatan 25 meter

 

2 Comments on Animasi 2D & 3D Perakitan Meja Kayu Lipat menggunakan AutoCAD dan Autodesk Fusion 360

  1. Yanti djawharha // February 12, 2018 at 11:10 am // Reply

    Selamat siang , Saya yanti dari PT. Primaloka Djawharha Prakarsa ingin menanyakan mengenai Kursus Sketchup dan 3D Max. Apakah bisa dishare untuk PIC Marketing untuk dihubungi secara langsung (kalau bisa ada WhatsApp). Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terimakasih.

    On Thu, Jan 25, 2018 at 11:03 AM, KARYAGURU CENTER wrote:

    > [image: Boxbe] KARYAGURU CENTER ( > comment-reply@wordpress.com) is not on your Guest List > > | Approve sender > > | Approve domain > > > Admin KaryaGuru posted: “Animasi untuk proses perakitan meja kayu lipat > ini menggunakan autocad dan autodesk fusion360, khususnya versi for mac. > Tahap perakitan terdiri dari 3 tahap yakni perakitan untuk rangka kaki > dalam, rangka kaki luar dan perakitan papan atas meja. https://” >

  2. untuk informasi yang dibutuhkan silahkan menghubungi ke email admin@karyaguru.com atau dapata mengisi contact form disini >> https://karyaguru.com/contact

    salam

Leave a comment