Breaking News

3D Modeling – Aluminium as Architecture Product

Stick Curtainwall

Aluminium yang di ekstrusi menjadi batangan dengan bermacam-macam penampang serta tahan korosi ini dapat dibuat menjadi produk arsitektur seperti pintu, jendela dan curtainwall yang dewasa ini banyak sekali para penggunanya. Lihat saja di gedung-gedung tinggi yang hampir semua menggunakan curtainwall dan lihat juga rumah tinggal serta gedung perkantoran, banyak sekali jendela aluminium yang digunakan.

Beberapa waktu yang lalu saya membuat 3D modeling dari beberapa produk yang dikeluarkan oleh YKK AP Indonesia. Kenapa saya membuatnya? alasannya hanya ingin membuat saja..hehehe. Tidak..tidak sepenuhnya itu alasannya. Karena saya pernah bekerja di perusahaan tersebut dan takut lupa mengenai ilmu yang pernah didapat disana. Karya2 berikut ini dihasilkan untuk menambah wawasan saya mengenai produk2 tersebut secara detail.

Berikut bentuk dari oredor yang dikeluarkan oleh YKK AP Indonesia. Penggunaannya dikhususkan untuk pintu kamar mandi. Konsepnya supaya pintu lipat ini dapat menghemat ruang dan membuat kamar mandi terasa lebih luas.

Oredor - DetailOredor

Dan yang ini jendela aluminium yang mereka beri nama ProWin. Prinsip jendela ini katanya air boleh masuk tapi harus keluar lagi…maksudnya apa tuh? maksudnya biarkan air ujan itu masuk tapi ada saluran diprofil jendela tersebut yang memaksa air tersebut harus keluar…begitu kira2!..waktu bikin 3d modelingnya di AutoCAD rada ribet, profilnya yang bentuknya ga karuan..cape di detailnya..huhhh!!
3D Prowin3D Prowin - Detail

Nah kalo yang ini bukan profil aluminiumnya yang mau dikasih tau, tapi masking tapenya yang ditonjolin. Kalo diliat2 kok gulungan masking tapenya lebih mirip tissue ya?..hehehe..keliatan bo’ongan gambarnya…hmmm..memang kalo ada sesuatu yang berhasil ada pula yang gagal. Saya coba otak-atik material aluminiumnya di 3dsmax dan lumayan keliatan real gambarnya, tapi malah gulungannya yg gagal…ya udah terlanjut dirender males lagi benerinnya.

………………………………………………………………………………………………………………

Kursus AutoCAD 2D & 3D Rendering

………………………………………………………………………………………………………………

Berikut kursus CAD yang sudah selesai dilaksanakan
(klik untuk membaca ulasan setiap kegiatan!!!)

3D AutoCAD Perumahan

2D AutoCAD Mechanical

3D AutoCAD Manufacturing

2D-3D AutoCAD Interior

2D-3D AutoCAD Hotel Ibis

3D AutoCAD Curtainwall

Media Belajar Sketchup

AutoCAD 2D & 3D Warnet

2D 3D CADD Building

3D Animasi 1

3D Animasi 2

3D Autocad Skecthup

2D AutoCAD Arsitektur

2D AutoCAD Outdoor

3D AutoCAD Outdoor

2D AutoCAD 7Eleven

2D AutoCAD Beji Depok

3D AutoCAD ZOE Cafe

3D AutoCAD Curtainwall

AutoCAD Tamini Square

2D AutoCAD Giant Depok

3D AutoCAD Tole Iskandar

2D – 3D AutoCAD PNJ Depok

2D-3D AutoCAD PasarSegar

2D AutoCAD Equity Tower

2D AutoCAD KFC LentengAgung

AutoCAD Interior Dunkin’Donuts

2D AutoCAD SipiRock Coffee

Kursus Interior AutoCAD Papirus

Kursus Arsitektur KFC Depok

AutoCAD Tower Lubang Buaya

AutoCAD Arsitek PosPengumben

AutoCAD IndomaretPoint Tebet

AutoCAD BotaniSquare Bogor

AutoCAD Mampang Prapatan

AutoCAD Burgerking Bogor

AutoCAD Rigging McD Tebet

AutoCAD TanjungBarat

AutoCAD Limo Depok

AutoCAD StartBucks Cideng

2D-3D AutoCAD Ciomas Bogor

AutoCAD Interior GreenTebet

AutoCAD KFC TaminiSquare

AutoCAD Plaza Kemang88

AutoCAD 3D PdkGede

AutoCAD WarungKopi Sruput

AutoCAD KFC MargondaDepok

AutoCAD NgopiDoeloe Bandung

AutoCAD Bondongan Bogor

AutoCAD Interior Mampang

AutoCAD GunungBatu Bogor

AutoCAD Pesona Khayangan

AutoCAD 3D Rendering Bogor

AutoCAD TipTop Depok

AutoCAD Dunkin TaminiSquare

AutoCAD 3D Rendering Soerabi

AutoCAD Kp.Makasar Jaktim

AutoCAD A&W TMII Jaktim

AutoCAD Cawang Jaktim

AutoCAD J.Co TamanMini

AutoCAD Jatimakmur Bekasi

AutoCAD Bukitduri Tebet

AutoCAD Pluit Jakarta

AutoCAD Intirub Halim

AutoCAD Tebet Jaksel

AutoCAD Kalibaru Bekasi

AutoCAD Cibitung Bekasi

AutoCAD SMKN56 Jakarta

AutoCAD GrandWisata Bekasi

AutoCAD Cipayung Jakarta

AutoCAD 3D Rendering

AutoCAD Universitas Trisakti

AutoCAD Jagakarsa JakSel

AutoCAD Summarecon Bekasi

AutoCAD Cikarang Bekasi

AutoCAD Ciluer Bogor

AutoCAD PondokBambu Jakarta

AutoCAD Grundfos Pompa

AutoCAD McDonald Cinere

AutoCAD Kompas Gramedia

AutoCAD YellowTruck Coffee

AutoCAD SipiRock Coffee

AutoCAD J.CO MargoCity

AutoCAD ExTimah Pancoran

AutoCAD BojongGede Bogor

………………………………………………………………………………………………………………

Belajar Gratis Tutorial AutoCAD Dasar

Advertisements

9 Comments on 3D Modeling – Aluminium as Architecture Product

  1. bener2 desain yang mantab, pak. pingin belajar juga, nih, pak, dah terlambat belum, yak?

    • kalau menurut pepatah “tidak ada kata terlambat untuk belajar”…
      saya pikir bapak pasti bisa dan saya pun masih dalam tahap belajar…

      Kemampuan bapak dibidang yang sekarang ini bapak geluti pun sudah menjadi panutan bagi orang lain untuk belajar…saya juga banyak belajar dari bapak..

      Mari kita belajar bersama !!!

  2. Pak pengen belajar..?
    tapi gak di ajarin..?

    pak bikin cara belajar di FACEBOOK pak..
    mungki itu bisa lebih baik..?

  3. Pak ada tidak bukunya cara2 merangkai produk YKK aluminium spt untuk kusen,daun jendela,partisi outlet dll?

  4. Haisin Rusli // August 1, 2012 at 3:30 pm // Reply

    Pak, kalau mau gambar 3D modeling mungkin lebih gampang pakai Autodesk Inventor… dengan fitur Frame Generator Cocok untuk buat konstruksi, atau Profil Aluminium seperti YKK AP…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: