Breaking News

Piagam Penghargaan AutoCAD – LKS SMK DKI Jakarta 2009

Penghargaan bidang AutoCAD LKS SMK tingkat provinsi DKI Jakarta tahun 2009 diberikan pada Tedi Denriadi, salah satu siswa jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMKN 56 Jakarta.

Piagam LKS AutoCAD

Mengapa saya menulis berita ini sekarang? dan bila dilihat dari tahun pelaksanaannya saja sudah lewat 1/2 tahun... ya karena piagam penghargaanya baru saja sampai kemarin. Saya jadi ingat kembali dan coba mencari dokumentasi momen tersebut. Untungnya masih ada dilaptop, jadi masih bisa dipublikasikan.

Waktu itu proses untuk drill si Tedi hanya 1 minggu, karena dirasa waktunya sangat singkat maka saya berinisiatif untuk melatihnya disekolah dan kami harus menginap disekolah selama 1 minggu. ..hmm perjuangan uyyyy!!!

Pengunjung LKS

Pengunjung LKS

Yang menjadi guru pembimbing lomba bidang AutoCAD saat itu saya dan Bu Fonita (rekan guru TGB di SMKN 56 Jakarta). Saya kebagian memberikan trik perintah autocadnya dan Bu Fonita memberikan materi teknisnya yaitu membuat denah, tampak, potongan, dan detail konstruksi kuda-kuda. Siswa yang dilatih saat itu ada 2 orang “Putut Setiawan & Tedi Denriadi”. Tapi karena yang dikirim harus 1 orang maka dipilihlah Tedi. Karena materi lomba termasuk perspektif dan 3D Modelingnya, maka agak kewalahan juga memberikan pengetahuan baru bagi tedi mengenai pembuatan 3D Rumah Tinggal dengan waktu yang singkat. Ditambah proses renderingnya harus menggunakan AutoCAD 2008, waaah ribet dah….kalau pake 3dsmax lebih mudah karena dengan Rendering Light Tracer aja sudah jauh hasilnya bila dibandingkan dengan AutoCAD.

Suasana LKS SMK DKI 2009

Suasana LKS

Disamping ini gambar suasana lomba yang diadakan di Padepokan Nasional Pencak Silat Indonesia – TMII Jakarta Timur. Ternyata meriah juga situasinya  dengan berbagai macam lomba yang digelar.  Untuk bidang lomba AutoCAD Building diadakan 2 hari yaitu tanggal 13 & 14 Oktober 2009. Si Tedi meraih peringkat II, walaupun bukan juara 1  namun cukup puas karena juara pertamanya adalah peringkat 1 tingkat nasional yaitu SMKN 26 Jakarta (ex. STM Pembangunan Jakarta). Yaaa..ngak malu-maluin deh dengan perjuangan 1 minggu….(hehehe menghibur diri..)

Dukungan dari siswa-siswi rekan seperjuangan menimba ilmu di sekolah baik dari satu jurusan maupun jurusan lainnya cukup mengesankan. Para guru pun ikut berikan dukungan, bahkan beberapa alumni datang untuk menyaksikan dan memberikan support bagi para peserta lomba. Cukup signifikan hasil dari dukungan mereka dengan terlihatnya semangat juang peserta menyelesaikan soal lomba yang cukup sulit.

Dari SMKn 56 mengirimkan peserta lomba dari beberapa jurusan seperti: Teknik Gambar Bangunan, Teknik mesin, Teknik Mekatronika dan Multimedia. Guru pembimbing dari setiap jurusan yaitu Bp.Rudi Rohdian, Bp.Sukatno, Bp.Tio Hardiyanto, Bp.Suryadi, Bp.Hapid, Bp.Anto, Bp.Pranowo, Bu.Kholidah, Bu.Sari, Bu.Fonita dan saya sendiri.

Dengan pengalaman seperti ini, mudah2an membuat para siswa-siswi lebih bersemangat belajar dan mengembangkan potensi diri. Ajang lomba bagi para siswa juga memberikan dampak positif bagi para guru untuk mengembangkan skill yang akan berguna bagi kualitas pembelajaran.

SELAMAT untuk TEDI dan SELAMAT pula untuk NURHAYATI sebagai juara 1 dari SMKN 26 Jakarta. Semua pengalaman kemarin dapat menjadi motivasi lebih maju lagi dalam berprestasi. Dan semoga para penerus bangsa ini dapat bersaing dengan bangsa lain untuk memajukan Indonesia Tercinta.

Berikut gambar saat mengikuti lomba tersebut dan sertifikat yang didapat.

……………………………………………………………………………………………………………

Kursus AutoCAD 2D & 3D

Tutorial Belajar AutoCAD Gratis

About these ads

43 Comments on Piagam Penghargaan AutoCAD – LKS SMK DKI Jakarta 2009

  1. Wah, upload sekalian hasil karya pemenangnya dong, Pak! Penasaran nie…^^

  2. Selamat ya mas atas perjuangannya. Sekarang sudah ada hasilnya tuh.

  3. semat ya mas memeng segala sesuatu untuk mencapai suksrs itu butuh perjuangan dan kerja keras …….
    “salam”

    • terimakasih banyak mas…memang butuh perjuangan seperti mas yang merantau ke Jakarta untuk berjuang..hmm
      Tapi yang saya takutkan adalah rasa tinggi hati atas keberhasilan, mudahan2 tidak sampai terjadi..amin, saya coba ikut cara mas awi yang terus bertaubat..

  4. wa, selamat atas penghargaan yang diraih siswa didiknya, pak. ini juga bukti kerja keras dan keseriusan para guru pembimbingnya. semoga makin eskis dan tetap bersemangat dalam membimbing putra-putrinya, pak.

    • Terimkasih banyak Pak Sawali..
      Guru hanya sekedar menyampaikan, siswa yang mengembangkan..jadi hampir sepenuhnya adalah jerih payah mereka.

      Semoga saya selalu diberikan semangat untuk mengabdikan diri pada dunia pendidikan..dan apa yg diberikan dapat diterima & dikembangkan oleh mereka, yg akan menjadi pemimpin nantinya..setidaknya pemimpin untuk dirinya sendiri.

  5. salut atas perjuangannya pak.
    saya yakin bekal “bibit” yang sudah diberi ke sang murid akan “berbuah lebat” nantinya, jika melihat prospek dari dunia usaha di indonesia (sudut pandang pribadi saya sih).
    kemampuan untuk menterjemahkan imaginasi ke model 3D dan dilanjutkan ke bentuk 2D…
    skill dan antusiasme seperti ini yang saya lihat masih kurang di dunia pendidikan kita.
    entah saya yang tidak tahu menahu perkembangan jaman atau memang demikian adanya :)

    terus berkarya pak guru…

    • Permintaan pasar (dunia kerja) akan Skill pengguna AutoCAD sangat tinggi sekali.
      Saya coba memberikan bekal kepada mereka untuk dapat lebih mudah bekerja setamat sekolah (bagi yang ingin bekerja)…
      ..sukur2 bisa kuliah dari hasil kerja nantinya..

  6. perjuangan luar biasa…. tiada tara

  7. wah anak SMK dah canggih2 pake autoCAD yah

  8. sama sekali tida ktau tentang ilmu auto cad :D pengen banget belajar sama teman saya dikampung.dia seorang ayah punya anak satu, pemimpin sebuah pabrik elektro dan mekanikal..sangat jago dan mahir banget otak atik auto cad…sayang pulang kampung kemarin hanya sebntar,ga bisa belajar dech…

    salam adem ayem

    • banyak sekali kok tutorial AutoCAD di internet..
      mudah2an saya juga akan turut serta memberikan tutorial semampu saya..

      ternyata dikampung pun kebutuhan AutoCAD ada juga ya…

      Salam adem ayem juga

  9. Wah salam kenal balik nih….bravo blog yang menarik juga….SALAM KENAL

  10. wah selamat ,, senang rasanya jika generasi bangsa bisa selalu berprestasi .. (wah jadi pengenjuga)….

  11. saya juga perlu belajar auto cad nih

  12. Salut&ikut bangga mas,. sukses jadi pembimbingnya..

  13. mantab pak!!aq ga bisa apa apa soal auto cad hehehe

  14. selamat ted…….
    sbenernya w jg ngiri,…….

    ajrin yua pk,sy msh kurng mengerti…….

    • Kalo mau untuk siswa kelas 3 yang akan lulus (hari ini pengumumannya ya?) , di rencanakan saja adanya pertemuan berkala untuk bertukar informasi. Saya mau saja ikut pertemuan tersebut dalam mengembangkan Skill. Atur Jadwal + Materi yang mau dibahas, biar ga ngebuang waktu…
      Nah yang sudah kerja kan bisa share info tuh..

  15. Murid Bapak... // April 24, 2010 at 8:43 pm // Reply

    HEBAT…
    SELAMET Buat GURU Ku…

  16. Pak, ada kompetisi INAICTA2010. Ada kategori desain 2D/3D kalau tidak salah. Coba saja anak muridnya ikutan, pak. Paling lambat tanggal 20 Mei 2010.^^

    • waaah terimakasih banyak infonya Bu..
      saya coba tanya om google dimana alamat rumah INAICTA2010

      langsung ke TKP..daaah dulu ya..cari info lebih lanjutttttttttt

  17. ka ari ”” isi keren yh bsa di terjemahkan lagi ke berbagai bahasa…
    ha…ha…

  18. ka ari yang kunjungi blog nya semakin banyak aja tuh…

  19. tambah rame aja..

  20. bgi soal lks pak???? bwt persiapan thun dpan???

  21. saya pa sekarang lagi berjuang gak seminggu buat LKS AutoCAD tingkat jabar, semoga jadi motivasi buat saya pa !!!
    terima kasih sekali

  22. Saya murid SMKN 26 jurusan Teknik Gambar Bangunan. Selamat atas kemenangannya, saya juga pengen jadi juara LKS bidang autoCAD… :)

Leave a comment

Your email address will not be published.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 738 other followers

%d bloggers like this: